Senin, 02 Januari 2012

Apple TV dan Google Tv

Apple TV dan Google Tv
Seiring pergantian musim dan tahun, beberapa produk channel TV mulai memperkenal masing-masing produk baru mereka yang dianggap sudah modern di jamannya ini. Persaingan antara masing-masing produk memicu kita untuk mengetahui beberapa perbedaan yang terletak pada masing-masing produk channel TV ini, seperti Apple TV dan Google TV. Kedua produk ini sudah lama sekali dari segi bentuk maupun software dari masing-masing produknya.
Apple TV
Pada pembahasan tentang Apple TV ini, kita perlu tau sedikit apa yang anda ketahui dengan Apple TV ini. Apple TV merupakan perangkat digital media receiver yang berjenis small form factor(SFF), yang bertujuan untuk menjalankan suatu data digital yang berasal dari iTunes, Netflix,Youtube,Flickr dan MobileMe. Apple memperkenalkan produk ini pada 12 September 2006 di San Francisco, California, Apple TV mulai dipasarkan pada Maret 2007. Pada generasi pertama yang dipasarkan dilengkapi dengan hard disk  40GB. Dua bulan kemudian, Apple TV dipasarkan dengan versi hard disk 160 GB. Pada saat ini versi yang banyak terdapat dipasaran yakni versi 160 GB, namun nasib malang justru menghampiri pada versi 40 GB, karena versi ini sudah tidak lagi diproduksi dan jumlah nya ini sudah hampir punah seiring jaman yang berkembang dengan berbagai kemajuan alat teknologi yang canggih ditambah wawasan pengetahuan si pembuat tersebut. Pada September 2010 lalu, Steve jobs mengumumkan generasi kedua Apple TV ini. Steve job merupakan sosok penting dalam kontribusinya penerbitan beberapa produk dan versi terbaru dari Apple TV ini, Selain itu pada generasi kedua ini,steve merancang bentuk dan ukuran Apple TV ini hanya seperempat dari generasi sebelumnya, perbedaan pada generasi pertama dan kedua Apple TV, generasi pertama dapat membeli konten dan menyimpan dalam hard disk. Sementara itu, Apple TV generasi kedua hanya dilengkapi dengan flash memory, maka pengguna hanya bisa menyewa. Alternatif lain, pengguna dapat membeli konten melalui internet, menyimpannya dalam komputer, lalu menjalankan konten tadi melalui Apple TV.. Sosok fenomenal steve jobs juga mulai disegani oleh para investor lainnya. Di dalam majalah Macworld edisi 15 Januari 2008, Steve Jobs mengumumkan perubahan besar bagi Apple TV. Terjadi peningkatan software yang mengoperasikan Apple TV. Apple TV dapat berjalan menjadi perangkat mandiri tanpa harus dilengkapi dengan komputer (Windows atau Mac OS X) yang menjalankan iTunes.  Pada terbarunya ini, Apple TV memiliki banyak fitur yang beragam diantaranya: memungkinkan pengguna menggunakan HDTV untuk melihat foto, memutar music, dan melihat video yang berasal dari Internet Media Service atau Local Network.  Menurut saya pribad, Apple TV juga dilengkapi dengan parental controls, yang memungkinkan pengguna membatasi akses ke konten-konten tertentu di internet media. Apple TV membagi konten internet media menjadi 4 kategori: “Internet Photos”, “YouTube”, “Podcasts”, dan “Purchase and Rental”. Lalu bagaimana tanggapan orang didunia dalam menyikapi hasil produk terbaru dari steve jobs ini, banyak diantaranya ketertarikan mereka ingin mempunyai software channel TV ini, namun banyak yang mengeluh dengan biayanya yang cukup mahal, hal ini sebanding dengan apa yang telah dihasilkan oleh Apple TV ini dalam menemani kita dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya Apple TV para pengguna memiliki banyak sekali kemudahan diantaranya :
·         Pengguna dapat mengakses iTunes langsung menggunakan Apple TV untuk menyewa film atau TV shows dan audio serta video podcasts.
Google TV
Pada pembahasan tentang Google TV ini, kita perlu tau sedikit apa yang anda ketahui dengan Google TV ini. Google TV adalah siaran TV yang digabungkan denga acara TV real-timedengan internet dimana seseorangdapat menyaksikan suatu acara TV yang disiarkan secara langsung, Google TV ini juga mempunyai konten khusus yang mendukung mereka dalam perkembangannya yaitu dari situs video seperti YouTube. Bagaimanakah seseorang dapat menyaksikan Google TV ini, mungkin hanya sedikit yang tau tentang keberadaan Google TV ini, secara individual mereka pun jarang mengerti menggunakan metode informatika dalam kehidupan mereka, namun itu tidak mengurangi kemampuan mereka dalam mengetahuin dunia informatika yang saat ini mulai berkembang pesat. Untuk menyaksikan Google TV ini, seseorang harus menggunakan perangkat TV khusus yang telah dihubungkan ke Google box, karena dengan terhubungnya perangkat tersebut ke Google Box ini untuk mempermudah pengguna mengakses web dan mengunduh berbagai aplikasi lainnya. Google TV ini mulai diperkenalkan oleh Sony pada sebuah acara di New York, Amerika pada tanggal 12 Oktober 2011, yang dicetuskan langsung oleh Larry. Google TV dibangun dengan menggunakan platform berbasis sumber terbuka open source yakni Android dan Chrome, Karena fitur-fiturnya terbuka kemungkinan untuk dikembangkan ke depan, ditambah aplikasi, dan layanan berbasis web lainnya. Sebab didalamnya sudah dilengkapi browser Chrome untuk mengakses website termasuk layanan pencarian untuk mencari video, channel TV dan konten interaktif yang lainnya. Namun dari masing-masing produk ini mempunyai pandangan yang berbeda-beda diantaranya :
Menurut Pandangan produk Google TV ini, bermaksud untuk memberikan pengguna kemampuan untuk menemukan konten yang mereka inginkan di berbagai media termasuk siaran TV, YouTube dan cukup banyak tentang website-website di Internet. Perangkat ini juga termasuk built-in web browser (dengan dukungan Flash) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses konten dari hampir dimana saja. Sementara Apple TV saat ini tidak mendukung interfacing sama sekali dengan siaran TV, atau akses internet secara penuh, masih menawarkan kesamaan dengan Google TV, seperti YouTube atau mengakses foto dari sumber-sumber seperti Flickr atau MobileMe. Pada kenyataannya, apple mengalahkan Google dengan menekan pada kekuatan iTunes Store, menyediakan pengguna konten yang mereka beli atau mendownloadnya.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Apple_TV
http://id.wikipedia.org/wiki/Google_TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar