Jumat, 06 April 2012

Sistem operasi berbasis Web


Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikitnya mengenai Sistem Operasi Berbasis Web, dimana Sistem operasi (bahasa Inggris :operating system : OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak system dalam system komputer. Tanpa system operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri, yang paling mendominasi dari system operasi ini yakni mengatur berbagai waktu atau jadwal agar pengguna lebih efisien dan juga dapat mencakup akuntansi untuk alokasi biaya prosessor, penyimpanan massa, cetak dan sumber daya lainnya. Pada system operasi berbasis Web ini, seperangkat program untuk mengakses segala aktivitas dan mengaturnya kedalam komputer dimana system berbasis Web ini menyediakan berbagai layanan umum yang sangat efisien.
Keuntungan menggunakan Sistem operasi berbasisWeb :
a.     Data yang disimpan dalam system operasi jenis ini dapat diakses dari mana saja dari seluruh dunia.
b.     Data yang disimpan juga dapat diakses oleh orang lain pada saat yang sama (Multiple file Sharing).
c.      Sangat berguna apabila kita sering mengakses internet dari warung internet umum, namun system operasi yangdigunakan tidak familiar.
d.     Sebagian besar system operasi berbasis web menyediakan fasilitas enkripsi khusus untuk setiap pelanggannya apabila mereka hendak menyimpan file-file mereka disini.
e.      Anda tidak perlu direpotkan tentang masalah instalasi software ataupun updatenya, karena system operasi berbasis web telah menyediakannya untuk anda.
f.       Sistem operasi berbasis web aman dari virus dan threat jahat lainnya.
g.     Tidak diperlukan  pengetahuan mendalam tentang system operasi untuk menggunakan system operasi berbasis Web.
Kerugian menggunakan system operasi berbasis Web :
a.     Karena berbasis Web,system operasi ini hanya akan efektif penggunaanya melalui akses internet. Besarn ya volume data seringkali menyebabkan beberapa system operasi virtual mengalami crash/hang, disamping akses ke desktop yang juga lambat.
b.     Data yang disimpan dalam ruang virtual system operasi dapat sewaktu-waktu hilang apabila system operasi yang bersangkutan menghilang dari dunia maya.
c.      Adabeberapa system operasi yang menggunakan elemen flash untuk desktop environment dan navigasinya sehingga cukup menyulitkan pengguna yang kurang begitu memahami karakteristik elemen flash.
d.     Tidak semua aplikasi berjalan secara lancar. Ada beberapa aplikasi yang mungkin akan mengalami lag/crash dalam penggunaanya mengingat system operasi  jenis ini juga dipengaruhi oleh jenis browser yang digunakan.
e.      Minimnya jenis aplikasi yang kompatibel dengan system operasi berbasis Web yang bersangkutan.
Beberapa contoh Sistem operasi berbasis Web , diantaranya:
1.     CymOs (cymos.com)
2.     Desktoptwo (desktoptwo.com)
3.     G.ho.st (www.g.ho.st/home)
4.     Jooce (jooce.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar